Sungai Cikapundung adalah sungai yang membagi kota Bandung dari sebalah utara dan menuju ke Selatan lalu bermuara di Ci Tarum. Sungai ini di aliri air yang berasal dari Curug Ciomas yang berada di bagian Utara Bandung. Di sepanjang aliran sungai Cikapundung, banyak masyarakat Bandung yang membuat pemukiman, dan sungai ini juga menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat setempat, khususnya yang bermukim disekitar sungai. Sungai Cikapundung dijadikan sebagai sumber air untuk masak, mencuci, mandi, serta pembuatan tambak ikan.

Namun kini, Sungai Cikapundung tidak lagi jernih seperti dulu, airnya sudah dipenuhi oleh limbah-limbah pabrik yang semakin banyak di didirikan di Bandung, serta sampah yang dibuang oleh masyarakat yang semakin lama semakin banyak memenuhi kota Bandung. Sungai Cikapundung tidak lagi dalam seperti dulu, kini sungai menjadi semakin dangkal oleh karena banyaknya sampah dan limbah yang memenuhi sungai ini.

Jika musim penghujan tiba, di beberapa kawasan pemukiman penduduk sekitar sungai harus menikmati banjir yang datang hampir setiap tahunnya akibat banyaknya sampah yang memenuhi sungai dan rusaknya lingkungan disekitar sungai.

Tanggul Sungai Cikapundung yang terletak di kawasan Lengkong kota Bandung in juga nyaris Jebol. Jika tanggul ini Jebol, maka puluhan rumah akan terendam banjir. Keadaan Sungai Cikapundung saat ini sangat mengkhawatirkan, sebaiknya kita sebagai masyarakat, serta pemerintah lebih memperhatikan keadaan lingkungan kota Bandung lagi. Agar Bandung menjadi kota yang semakin nyaman untuk ditinggali.

Oleh : Debby Christy (210110080175)



  1. wanda_rahmania Says:

    padahal dulunya sungai ini bersih loh.. orang-orang bisa mandi ma maen air dengan tenang...

    sekarang... >.<

  1. Debbie Says:

    iya, dulu banyak yang bikin penangkaran ikan di sungai ini, tapi sekarang udah gg bisa, soalnya airnya udah tercemar. sayang banget ya.

  1. Widiyanto Purnomo (210110080274) Says:

    ikannya udh berganti dgn sendal jepit wan..
    waduh nasibnya sama aja kyk kali ciliwung di jakarta deb, tragis memang klo ngebandingin cerita orang dulu yang bilang sungai cikapundung bersih dibandingkan sekarang yang udh jauh bgt bedanya..

  1. rizkyfauziasalim Says:

    most popullated river in indonesia i think
    coba ada poto yang memperlihatkan pemukiman warga pasti lebih mak nyuss..
    :)

  1. Debby Says:

    iyaa, ayo kita bareng bareng jaga lingkungan kita, di mulai dari diri kita sendiri dulu, di mulai dari hal kecil, untuk tidak membuang sampah sembarangan.

  1. siti Says:

    itulah masyarakat indonesia,,,,, masyarakat takut akan terjadi masalah kalau tanggul sungai cikapundung jebol, tapi masyarakatnya juga gak puas-puas buang sampah di sungai,,,, jangan-jangan kurang tempat sampah kali ya.....

  1. Debby Says:

    tempat sampahnya dan pembuangan sampahnya kayanya udah cukup banyak, tapi rasa malas masyarakatnya juga cukup besar, gg mau repot, maunya yang simple, buang sampah di sungai solusinya, padahal akibatnya bisa fatal banget.

  1. aviztotheles Says:

    komposisi air dalam tubuh manusia 70%.
    KALO YG DISERAP AIRNYA KOTOR BEGINI, wajar aja kelakuan anak jaman jaman sekarang kotor dan doyan mencemari nama baik ortu, negara, dan almamater.hahaha

  1. Vannia Says:

    yatuhan.
    sungai cikapundung lama-lama bisa jadi the next kali ciliwung kalau terus begini.
    jangan sampe. naudzubillah deh!

  1. Reddie Says:

    ayooo orang bandung buang sampahnya jgn ke sungai lagi, daripada nanti bandung berubah jadi kaya jakarta yang tiap musim ujan kebanjiran -.-

  1. Debby Says:

    mari ciptakan bandung bersih.

  1. Nesyia_aiu Says:

    agak susah ya memang mengubah paradigma masyarakat kita agar hidup bersih dan membuang sampah pada tempatnya, bukan di sungai atau di jalan...
    mending mulai dr diri sndiri dlu ya biar ngasih contoh yg baik k org2 dsktr kita, ayo bs ga?? hehe

Leave a Reply

Text Widgets

Labels

Followers

Links

Another Templates

Labels