Kirmir anak Sungai Cikapundung Roboh dan menghanyutkan tiga rumah yang berada di pinggiran sungai tersebut ikut hanyut terbawa arus sungai. Tiga rumah tersebut berada di kawasan Balong Gede, Regol, Bandung. Ambruknya Kirmir ini diduga karena debit air Sungai Cikapundung yang meninggi.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun beberapa peralatan rumah tangga, serta pakaian yang sedang di jemur ikut jatuh kedalam arus sungai.

Tingginya debit air sungai cikapundung bisa saja disebabkan karena curah hujan di Kota Bandung yang cukup tinggi, tapi kita juga tidak dapat menutup mata saat melihat sampah yang mencemari Sungai yang menjadi salah satu nadir masyarakat Kota Bandung ini. Sampah di Sungai Cikapundung ini sudah sangat banyak dan memnuhi kawasan aliran sungai, sehingga pada saat musim penghujan datang, debit air akan lebih cepat naik dan menyebabkan kerugian lagi untuk masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal di sepinggiran sungai.

Dari adanya kejadian ini, diharapkan masyarakat Bandung lebih peka terhadap lingkungan, dan tidak lagi membuang sampah maupun limbahnya ke sungai, karena apabila masih banyak warga yang membuang sampah ke sungai, maka daerah aliran sungai akan semakin menyempit dan banjir akan semakin sering menggenangi kota Bandung.

Oleh : Debby Christy (210110080175)
  1. Widiyanto Purnomo (210110080274) Says:

    mirip kyk di cibinong..
    mencegah bencana seperti ini harusnya dimulai dari diri sendiri deb, soalnya bisa begini kan juga gara2 manusianya juga

  1. Debby Says:

    iya wid, terutama masyarakat sekitar yang tinggal di pinggiran sungai wid, yg sangat bergantung sama sungainya, apalagi di pemukiman ini padet banget rumahnya, kebayang kalo banjir, pasti repot banget.

  1. Sorta Caroline (210110080010) Says:

    OK BANGET ISI BLOG ini ...



    DIAMBIL DARI Kejadian NYATA yang seringkali ngga dianggap penting ama orang2 ..


    NICE INFO =D

  1. Vannia Says:

    Gila. kalao terus begini bisa makan banyak korban.
    Tapi seharusnya mereka memang gak tinggal di pinggir sungai sih --"

  1. Debby Says:

    iya, dan mereka juga gg menjaga lingkungan tempat mreka tinggal, warga yg bermukim d sini itu buang sampahnya aja ke kali. Kurang pengarahan dari pemerintah setempat juga kali ya.

Leave a Reply

Text Widgets

Labels

Followers

Links

Another Templates

Labels